always trying,praying and creative
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa celah katup harus distel

Saat mesin hidup komponen mekanisme katup yang jumlahnya banyak bergerak bergesekan dan mendapat gaya ke berbagai arah serta beban panas, maka semakin lama komponen semakin aus pada sistem penekan katup dan pada daun katup dan dudukannya serta pengikat kendor, sehingga celah katup menjadi berubah besar, Keausan L Celah menjadi besar. Karena keausan-keausan tersebut tidak merata, celah katup berubah dan perlu distel, Kurang Lebih setiap 20.000 km

a). Celah terlalu besar


  • Penggerak katup berisik (ada suara pukulan-pukulan)
  • Bagian penggerak katup bisa patah ( pukulan dan kejutan )
b). Celah terlalu kecil


  • Waktu pembukaan katup lebih lama dari waktu semestinya
  • Gerak gunting juga lebih lama  kerugian gas baru besar. Akibatnya : putaran Idle kurang stabil ( motor bergetar )
c). Tidak ada celah katup

  • Katup tidak menutup dengan sempurna
  • Ada kerugian gas baru L tenaga motor berkurang
  • Pembakaran dapat merambat ke karburator
  • Katup-katup dapat terbakar karena tidak ada pemindahan panas pada daun katup.
Baca : Bagian-Bagian Mekanisme Katup Standar


Posting Komentar untuk "Alasan Mengapa celah katup harus distel"